moving strap
Moving Strap
Moving strap adalah sebuah alat rumah tangga untuk membantu mengangkat beban berat terutama furniture sehingga menjadi lebih ringan, aman dan nyaman ketika dipindahkan baik untuk perabotnya serta tenaga pengangkatnya. Moving strap adalah sebuah inovasi yang dirancang untuk keluarga modern yang rata-rata beranggota kecil dan lebih individual dibanding dengan keluarga terdahulu.

Moving strap membuat anda bisa melihat lebih leluasa ketika mengkat sehingga aman, alat ini juga membuat beban terasa lebih ringan sampai 40% (jika melihat katalog) sehingga bebas cedera dan dapat dilakukan bahkan oleh cewek.

Alat ini sangat ngetrend di luar negeri, terbukti dengan banyaknya penjualan yang terjadi di situs-situs marketplace seperti Ebay dan Wallmart di Barat serta Alibaba dan Aliexpress di China. Sedangkan di Indonesia mungkin masih belum banyak yang tahu.

Alat ini terbuat dari serat nylon dan kaitnya terbuat dari baja untuk kualitas bagus dan alumunium untuk kelas di bawahnya. Makin bagus kualitasnya makin kuat digunakan dan makin tinggi kemapuan mengangkat bebannya.

Moving Strap ada 2 macam yaitu Shoulder Moving Strap dan Forearm Strap.

Shoulder Moving Strap

shoulder moving strap
Shoulder Moving Strap

Sesuai namanya yaitu Shoulder Moving Strap, maka alat ini dilengkapi dengan bagian untuk dipakai di pundak pengguna. Lengkapnya sebenarnya ada 2 bagian alat yang dijadikan satu dengan sebuah kait, yaitu pada pundak dan pada bawah beban.

Untuk Shoulder Moving Strap biasanya ada beberapa kelas tergantung dengan kualitas. Kelas-kelas ini untuk membedakan kualitas bahan pembuatnya yang sekaligus mempengaruhi berat beban yang mampu dihandle. Umumnya sebuah Shoulder Moving Strap mampu mengangkat beban sampai 150 kg.

Contoh penggunaan Shoulder Moving Strap

Secara standar photo di atas menggambarkan cara penggunaan sebuah Shoulder Moving Strap. Yaitu dengan memasang bagian atas pada pundak dan punggung, lalu bagian yang satu lagi dikaitkan dan diselipkan pada bawah beban. Untuk cara ini harus dilakukan oleh 2 orang.

Cara lain menggunakan shoulder moving strap

Namun cara menggunakan alat ini juga bisa anda modifikasi. Tidak selalu harus sepasang seperti photo di atas tapi bisa juga anda sesuaikan sendiri tergantung beban apa yang anda angkat. Gambar di atas menjelaskan apabila sebuah shoulder moving strap digunakan sendiri untuk mengangkat sebuah kardus.

Forearm Strap

Forearm strap

Jika shoulder moving strap digunakan dengan memasang pada pundak dan punggung, maka sesuai namanya forearm strap digunakan dengan memasang pada lengan.

Alat ini lebih dikhusukan untuk membawa atau mengangkat beban yang lebih ringan dibandingkan shoulder moving strap karena beban hanya bertumpu dan terpusat pada lengan pengguna. 

Forearm strap sebenarnya adalah bagian bawah dari sebuah shoulder moving strap. Jika anda membeli satu set shoulder moving strap, maka anda otomatis akan mendapatkan juga forearm strap. Namun anda bisa juga membelinya secara terpisah. Forearm ini juga dibedakan menjadi beberapa kelas tergantung kualitas bahannya. 

Mari sejenak kita lihat cara kerjanya.


Dimana anda bisa mendapatkannya

Beberapa marketplace dalam negeri seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan Shopee yang kami pantau menyediakan alat ini. Gunakan keyword / kata kunci pencarian "Moving Strap" untuk melakukan pencarian.

Rata-rata shoulder moving strap ini dijual pada harga di atas Rp350.000 dan forearm strap dijual sekitar Rp70.000 dengan pengiriman dari luar negeri. Artinya penjual tidak memiliki stok dan ketika anda order baru dipesankan di situs luar negeri. Anda harus menuggu cukup lama dan ada kemungkinan juga tertahan di Bea Cukai. 

Namun ada satu toko di Tokopedia yang menawarkan dengan harga di bawah pasaran, yaitu sekitar Rp250.000 (ketika artikel ini dibuat) dan pengiriman dari Tangerang. Artinya penjual memiliki stok sendiri. Cek link ini Moving Strap Tokopedia.

Saya sudah membeli satu pasang dan sangat membantu untuk digunakan bersama pasangan saya di apartmen yang hampir tidak mungkin minta bantuan tetangga. Happy shopping yak..